Study Tips

Posted on Updated on

education and school concept - little student girl studying at school

Study Tips from Cornell University

Oleh : Ayu Anggarini Kinasih, S.Psi

 

Banyak diantara Kita, khususnya pada remaja sulit untuk bisa memfokuskan diri dalam hal belajar. Dikutip dari cornellpsych.net, berikut beberapa tips belajar berdasarkan pengalaman dari salah satu lulusan Conell University, Jeremy Cone.

Study actively, not passively

Berpikir kritemporary-resident-south-africa-studytis dan mendalam serta membuat pertanyaan untuk diri sendiri akan mempermudah Anda untuk memahami konsep dan bagaimana mengaplikasikannya dalam situasi berbeda.

 

 

Remember the hindsight bias

Mendekati hari ujian, tutuplah buku Anda dan membayangkan apa yang sudah Anda pelajari serta melatih diri Anda dengan membuat pertanyaan sendiri. Jangan mempelajari sesuatu dengan benar-benar menghapal textbook, karena cara tersebut tidak akan membuat ingatan Anda tentang suatu pelajaran bertahan lama.

Remember the overconfidence effect

Berikan kesempatan kepada diri Anda untuk mempelajari lebih. Jika Anda merasa sudah mengetahui suatu materi, review kembali materi tersebut karena untuk benar-benar memahami suatu materi setidaknya diperlukan dua atau tiga kali pengulangan memperdalam materi. Perlu diingat kembali, disetiap Anda mempelajari kembali suatu materi, perdalam dengan membuat hubungan antar materi jangan hanya membaca dan menghapal secara pasif.

Use the self-reference effect

Hal-hal yang sedang Anda pahami akan terlihat lebih mudah jika memiliki hubungan dengan diri Anda atau kejadian-kejadian yang terjadi disekeliling Anda. Hal ini berguna jika materi yang sedang Anda pelajari dapat diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.

Sleep

Pastikan untuk setidaknya memiliki waktu tidur selama 6 jam di malam sebelum ujian, sleep bookdan usahakan memiliki total 8 jam. Tidur yang cukup dan manajemen waktu yang baik mencegah Anda untuk belajar last minute. Mengapa tidak baik untuk selalu belajar last minute? Anda akan dipaksa hanya mengingat pada hari itu, dibanding untuk menyimpannya dalam waktu yang lama. Sebelum tidur cobalah untuk mereview kembali apa yang sudah Anda pelajari dan hindari penggunaan gadget berlebihan setelahnya.

 

Take up to a ten-minute break every hour

Mengapa demikian? Sederhana saja, belajar membutuhkan energi walaupun otak Anda hanya mengandung 2% massa tubuh, tetapi bisa menghabiskan 25% glukosa61 yang ada di dalam tubuh. Gunakan waktu istirahat dalam belajar selama 10 menit untuk merenggangkan tubuh, makan dan melakukan aktivitas ringan lainnya. Makanlah makanan yang bisa menambah energi dan jangan gunakan waktu istirahat Anda terlalu lama karena Anda akan kesulitan untuk memulai kembali.

 

Beberapa tips lainnya yang bisa digunakan untuk mempelajari textbook :

  1. Selalu buat catatan kecil disetiap bab,
  2. Pergunakan kata kunci yang ada disetiap bab seperti contoh-contoh yang dipaparkan, dan membaca rangkuman, serta
  3. Buat catatan sendiri tentang konsep atau materi yang sedang dipaparkan per sub bab.

 

Selamat Mencoba! 🙂 

 

 

Picture source : Google