Why do People Fallin In Love?

Posted on Updated on

( Oleh : Dwita Priyanti, M.Psi , Psikolog )

Mengapa kita jatuh cinta? Kenapa pada saat jatuh cinta terasa sangat menyenangkan? Dan mengapa saat kehilangan cinta seseorang dapat merasa sangat sedih dan kehilangan jiwanya sehingga mampu melakukan hal-hal membahayakan?

tfOtak dan Kondisi Jatuh Cinta

Pada saat seseorang berada dalam situasi cinta romantis banyak perubahan baik dalam tubuh seorang wanita maupun pria. Merasakan cinta bisa membuat seseorang seolah-olah berada dalam “kondisi melayang”.

Elizabeth Kane seorang pengajar psikologi klinis di South University mengatakan proses awal dari jatuh cinta yaitu “ketertarikan atau initial attraction”. Momen dimana seseorang bertemu dengan orang lain dan merasakan banyak energi serta detak jantung yang meningkat.

Dr. Rachel Needle mengungkapkan beberapa zat kimia dalam tubuh berperan ketika seseorang merasakan jatuh cinta diantaranya : oxytocin, phenethylamine, dan dopamine. Zat-zat kimia tersebut membuat seseorang terjaga, bersemangat dan memiliki keinginan untuk dekat dengan orang lain. Lebih lanjut ia mengungkapkan jatuh cinta terkait dengan peningkatan energy, fokus mental, peningkatan detak jantung dan perasaan positif.

The Psychology of love

Terdapat beberapa teori yang menjelaskan definisi dari cinta dan tipe cinta, salah satunya adalah teori dari John Lee dalamgt bukunya yang berjudul The Colors Of Love. Lee mengatakan terdapat enam model dalam mencintai, tiga diantaranya adalah bentuk dasar yaitu :

  • Eros, yaitu mencintai seseorang yang ideal
  • Ludos, yaitu ketika cinta dilihat sebagai suatu permainan
  • Storge, yaitu ketika cinta lebih dilihat sebagai persahabatan

Tiga model lainnya adalah pengembangan dari tiga model dasar yaitu :

  • Mania, yaitu perpaduan dari eros dan ludos, bentuk obsesif dari cinta
  • Pragma, yaitu perpaduan dari ludos dan storge, bentuk cinta yang realistis dan praktikal
  • Agape, yaitu perpaduan antara eros dan storge, bentuk cinta tanpa pamrih

Dari keenam model mencintai, tipe Agape adalah model mencintai yang ideal untuk pasangan seumur hidup. Bagaimana dengan anda?

erTeori lain yaitu The Triangular Theory Of Love yang diungkapkan oleh seorang psikolog bernama Robert Sternberg. Ia mengungkapkan terdapat tiga komponen dari cinta yaitu kedekatan atau intimacy, hasrat atau passion dan komitmen. Intimacy merujuk pada perasaan terikat, kedekatan, dan terkoneksi. Hasrat merujuk kepada dorongan secara sukarela untuk terobsesi kepada seseorang baik secara kognitif, emosi maupun ketertarikan seksual. Komitmen mengarah pada rencana seseorang dalam jangka pendek maupun panjang dengan pasangannya.

Cinta yang romantis terjadi ketika seseorang merasa saling bergantung dan kebutuhan psikologis mereka saling terpenuhi.

Putus Cinta itu Menyakitkan

Setelah mengetahui kondisi psikologis dibelakang perasaan jatuh cinta, sekarang saatnya mencari tahu mengapa putus cinta itu menyakitkan. Mengapa kehilangan cinta bisa membuat seseorang memiliki pikiran atau melakukan tindakan seperti bunuh diri.

Kehilangan cinta secara mendadak dapat menimbulkan stres psikologis tertentu, ada yang mengatakan saat putus seperti jantung berhenti sesaat, perut terasa sakit bahkan sampai depresi.

Seorang peneliti neurologis dari Columbia University, menggunakan MRI scan untuk mencari tahu apa yang terjadi di otak gfketika seseorang mengalami putus cinta. Penelitiannya menemukan bahwa saat putus terjadi peningkatan aktivitas bagian otak yaitu bagian insula dan anterior cingulate cortex yang bertanggung jawab terhadap aktivitas rasa sakit. Ia mengatakan otak memproses putus cinta sama dengan saat kita merasakan sakit fisik.

Pada saat mengalami putus cinta, kondisi yang paling sulit adalah ketika kenangan bersama pasangan muncul kembali, melupakan kenangan, atau malah merindukan untuk kembali ke kondisi awal. Hal inilah yang terkadang membuat seseorang dapat menangis berkali-kali, sedih, ataupun tidak fokus pada aktivitas yang dilakukannya. Proses ketika menghadapi putus cinta sama dengan proses ketika menghadapi suatu trauma dalam hidup. Dimana seseorang harus menghadapi rasa sakit secara emosi, kognitif maupun sosial.

Putus cinta menyakitkan memang tidak dapat dipungkiri tetapi bangkit dan mendapatkan kontrol kembali akan hidup anda serta memiliki keyakinan bahwa anda dapat melalui segalanya dapat menjadi kekuatan untuk terlepas dari rasa sakit pada saat putus cinta.

Tidak semua orang dapat melakukan hal yang hebat dan luar biasa, tetapi dengan sedikit cinta, anda dan orang lain dapat merasakan dan melakukan hal yang luar biasa.