Kesepian

Posted on Updated on

( Oleh : Dwita Priyanti, M.Psi, Psikolog )

indexKesepian adalah emosi yang pernah dialami hampir seluruh manusia dan biasa dialami siapapun tidak memandang usia. Kesepian adalah perasaan yang unik dan berbeda antara satu orang dengan orang yang lain. Kesepian yang dialami oleh seorang anak karena ditinggal orang tua bekerja akan berbeda dengan perasaan kesepian yang dirasakan seorang suami yang ditinggal meninggal istrinya. Untuk memahami konsep kesepian yang dialami oleh seseorang kita harus mengetahui penyebab, dampak terhadap kesehatan, simtom dan penanganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesepian.

Apa itu Kesepian ?

Secara umum kesepian sering diartikan keadaan sendiri tanpa orang lain. Namun sebenernya kondisi kesepian adalahee kondisi yang berkaitan dengan pikiran. Kesepian menyebabkan seseorang merasa kesepian, sendiri dan tidak diinginkan. Orang kesepian sebenarnya membutuhkan orang lain untuk mengatasi perasaan sepinya, namun pikiran menghambat mereka untuk membangun hubungan dengan orang lain.

Murphy dan Kupschik (1992) mendefinisikan kesepian sebagai suatu kondisi dimana seseorang mengalami perasaan kekosongan dan isolasi sosial. Hal ini bagian dari kondisi emosi. Kesepian dipersepsikan sebagai suatu kondisi tidak terhubung, penolakan dan keterasingan.

Kesepian dan sendiri adalah hal yang berbeda. Kesepian sebenarnya berkaitan dengan persepsi seseorang akan kesendirian dan terisolasi dari lingkungannya. Sebagai contoh : mahasiswa baru akan merasa sepi meskipun banyak orang disekelilingnya, perasaan sepi muncul karena ia dikelilingi orang baru yang tidak ia kenali.

Kesepian dan Kesepian Kronis

dfRotenberg dan Hymel (1999) mengatakan ada perbedaan antara kesepian/ perasaan sepi dengan kesepian kronis. Kesepian kronis (kesepian yang dirasakan terus menerus) dapat menjadi indikator dari ketidakmampuan penyesuaian sosial atau disfungsi sosial. Sebagai contoh : kesepian kronis pada anak dapat berdampak pada ketidakmampuan sosial dan perilaku sosial yang tidak sesuai seperti bullying, kegagalan akademis, perasaan berbeda yang membuat anak semakin merasa kesepian dan terisolasi dari teman-temannya. Hal ini dapat berdampak pada kesejahteran fisik, emosi, psikologis dan sosial anak.

Penyebab Kesepian

John Cacioppo seorang psikolog dari Universitas Chicago menyebutkan bahwa kesepian juga berkaitan dengan genetik atau turunan.? Penyebab launnya ada terisolasi secara fisik atau pindah ke tempat baru. Pindah ke tempat baru berarti berada di lingkungan yang baru dengan suasana baru dan orang-orang baru. Sebelum dapat menyesuaikan dri dengan lingkungannya yang baru seseorang cenderung merasa sepi karena ia tidak memiliki tempat untuk berbagi. Kematian orang terdekat atau perpisahan juga dapat menimbulkan perasaan sepi.

tgHal lain yang penting dalam penyebab kesepian adalah perasaan rendah diri. Orang dengan perasaan rendah diri cenderung merasa tidak percaya diri, mereka merasa tidak berarti, tidak mendapat penghargaan dan perhatian dari orang lain. Perasaan rendah diri yang dapat berupa penarikan diri dari kehidupan sosial, akan mengarah kepada kesepian kronis dan kesepian.

Kesepian dapat berkaitan dengan beberapa hal, antara lain :

  • Situasional : disebabkan oleh perubahan situasi tertentu seperti : pindah ke lingkungan baru
  • Tahap perkembangan : di sepanjang tahap perkembangan ada waktu dimana kita memiliki kebutuhan untuk menjalin hubungan dengan orang lain dan dibarengi dengan kebutuhan untuk waktu “me time”
  • Internal : tidak terkait dengan situasi eksternal seperti situasi atau tahap perkembangan , hal ini biasanya berkaitan dengan perasaan rendah diri.

Dampak Negatif Dari Kesepian

Kesepian memiliki dampak negatif yang sangat besar baik fisik maupun kesehatan mental. Beberapa dampak berikaitan dengan faktor resiko penyakit berbahaya antara lain :

  • Depresi dan bunuh diri
  • Penyakit kardiovaskuler dan stroke
  • Meningkatkan stres
  • Mengurangi kemampuan belajar dan memori
  • Perilaku anti sosial
  • Pengambilan keputusan yang buruk
  • Alkoholik dan penyalahgunaan obat-obatan

Mengatasi kesepian

Beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kesepian :

  • Sadari dan terima bahwa kesepian yang anda alami adalah pertanda bahwa sesuatu harus berubah dalam hidup anda.
  • Pahami bahwa kesepian memiliki dampak negatif terhadap hidup anda baik fisik maupun kesehatan mental, jadi sebaiknya jangan memelihara kesepian dan segera buang jauh dari anda.
  • Sebelum terjun ke lingkungan sekitar anda pikirkan persamaan anda dengan orang lain. Hal ini karena kesepian sering berkaitan dengan perasaan berbeda dari orang lain. Padahal hampir semua orang juga pernah mereasakan emosi yang anda rasakan juga.
  • Pertimbangkan untuk melakukan aktiviyas yang anda sukai. Situasi ini merupakan kesempatan bagus untuk membina hubungan pertemanan dan interaksi sosial
  • Fokus untuk membangun hubungan yang berkualitas dengan cara menemukan orang yang memiliki perilaku atau ketertarikan atau nilai dengan anda.
  • Bayangkan yang terbaik, orang yang mengalami kesepian sering kali membayangkan penolakan dari orang lain. Daripada menghabiskan energy ke hal negatif lebih baik memikirkan hal positif yang dapat meningkatkan interaksi sosial anda.

Dikutip dari berbagai sumber