Hidup Bahagia Dengan Stres

Posted on Updated on

( Oleh : Dwita Priyanti, M.Psi, Psikolog )

“ Saat lulus kuliah Ihsan tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan pekerjaan disuatu perusahaan, setelah bekerja selama 1 tahun ia pun mendapatkan tawaran untuk bekerja di perusahaan multi internasional dengan gaji yang lebih baik dan pekerjaan yang lebih menantang, setelah 3 bulan menjalani masa percobaan berkat kinerjanya yang baik ia langsung diangkat menjadi pegawai tetap, pekerjaannya menuntutnya untuk memenuhi target dari perusahaan dan ia selalu berhasil mendapatkannya. Suatu kali Ihsan pulang ke rumah dan keluarga mendapati dirinya pingsan, dokter mendiagnoasanya akibat kelelahan dan stres terus menerus. Dirinya sendiri tidak menyadari ia mengalami stres berkepanjangan karena menurutnya saat ini ia sukses dengan pekerjaannya”

Dari kutipan cerita diatas terlihat bahwa terkadang seseorang tidak menyadari dirinya sedang dalam kondisi stresstress berkepanjangan, hal ini dikarenakan stres yang dialami terkait dengan hal yang positif. Dikalangan masyarakat umum stres seringkali dikaitkan dengan sesuatu yang bersifat negatif namun ternyata tidak seperti itu stres juga dapat positif. Stres sendiri berarti tekanan. Apakah stres diperlukan dalam hidup? Bisakah seseorang bebas sepenuhnya dari stres? Jawabannya Perlu dan Tidak. Mengapa kita memerlukan stres? Stres dapat memacu kita untuk mendapatkan hal yang kita inginkan. Stres jenis ini kita sebut dengan stres positif (eustress). Contoh gampangnya : tekanan untuk lulus dengan nilai bagus memacu seorang mahasiswa untuk belajar dengan giat, pertengkaran antara suami dan istri memacu masing masing pasangan untuk berubah menjadi lebih baik untuk pasangannya, dll. Lalu kapan stres itu negatif atau biasa disebut dengan distress. Distres terjadi ketika stres yang dialami seseorang menimbulkan dampak negatif pada diri seseorang karena tidak mampu menanganinya dengan baik. Contoh : tekanan yang terlalu besar akibat ujian disekolah membuat seorang mahasiswa merasa tertekan belajar secara terus menerus tanpa memperhatikan pola makan dan istirahatnya, pertengkaran suami istri secara terus menerus tanpa ada solusi yang berarti.

strStres selalu mendampingi hidup seseorang karena ketika hidup seseorang tidak akan terbebas dari masalah. Bahkan hal yang tidak kita sadari juga dapat menjadi stres negatif jika kita tidak menanganinya dengan baik seperti cuaca panas, macet terus menerus dll. Dikarenakan tidak bisa terbebas dari stres, untuk hidup bahagia seseorang harus mampu untuk memanage stresnya dengan baik sehingga tetap dalam kadar optimal yang dibutuhkan. Terdapat beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memanage stres dalam kehidupan sehari-hari antara lain :

  • Identifikasi sumber stres dan solusi dari masalah
  1. Sebelum menangani stres yang anda alami, cobalah untuk identifikasi sumber stres yang anda alami apakah dari keluarga, pekerjaan, kondisi lingkungan.
  2. Setelah mengidentifikasi tentukanlah prioritas penanganan stres yang akan anda lakukan. Lakukan secara bertahap dan perlahan.
  3. Pikirkan tindakan yang sudah dan belum anda lakukan dalam menagani stres tersebut.
  4. Setelah anda lakukan 3 tahap tersebut baru lanjutkan ke poin sesudah ini.
  • Pola Hidup Sehat dan Seimbang

Hal pertama yan harus dilakukan saat anda ingin mengontrol stres dalam hidup anda adalah dengan menjalani pola hidup yang sehat dan seimbang. Apa itu pola hidup sehat dan seimbang? Artinya menjalani pola makan atau diet yang seimbang, olahraga teratur, stredan istirahat yang cukup. Mengapa hal ini menjadi dasar awal? Bayangkan ketika anda hanya tidur 1-2 jam setiap harinya dan harus persentasi di pagi harinya, perasaan lelah, kurang tidur, dan mood yang labi. Bayangkah ketika anda harus menjalani ini setiap hari. Stres negatif tentunya akan selalu menjadi sahabat anda. Sesibuk-sibuknya anda usahakan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Begitu juga dengan olahraga, anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat setiap hari 10-30 menit sudah cukup untuk menjaga kesehatan tubuh dan jiwa anda.

  • Sharing dan Social Support

Masalah akan selalu datang setiap hari, ibaratkan masalah adalah air dan anda adalah gelas, pada saat air dituang terus menerus dan tidak dikendalikan pemasukan dan pengeluarannya, air secara perlahan-lahan akan tumpah dan berserakan. Hal ini sama dengtrainingan masalah yang datang terus menerus ketika anda pendam sendiri dan tidak dikeluarkan dari tubuh anda secara perlahan-lahan itu akan meluap secara tidak teratur di waktu yang tidak ditentukan. Saat dalam kondisi stres atau memiliki masalah, hal yang paling sderhana dapat dilakukan adalah dengan berbagi masalah anda dengan orang lain. Saat mengalami masalah da tidak merasa sendiri melainkan ada orang-orang yang mendukung anda tentunya stres negatif dapat berubah menjadi stres positif.

  • Relaksasi

Relaksasi adalah teknik yang dapat anda lakukan untuk mengurangi dan mengontrol stres yang adna alami. Terdapat beberapa cara relaksasi yang dapat anda lakukan untuk membuat anda merasa lebih santai :

  • Musik, Mendengarkan music adalah hal sederhana yang dapat anda lakukan untuk membantu anda merasa lebih relaks. Cobalah untuk memilih jenis music yang menenangkan seperti : jazz, pop, natural voice, dll.
  • Relaksasi pernapasan adalah metode relaksasi yang menggunakan pernapasan dari perut dengan ritme teratur. Pernapasan perut adalah pernapasan yang dilakukan saat dalam posisi tidur. Sifatnya sangat sederhana, sehingga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Langkah-langkah melakukan relaksasi pernapasan:images

  1. Hirup napas dalam-dalam menggunakan pernapasan perut dalam 4 hitungan.
  2. Tahan napas selama 2 hitungan.
  3. Hembuskan napas perlahan dalam 6 hitungan.
  4. Ulangi beberapa kali (8 – 10 kali) hingga Bapak/Ibu merasa rileks.
  • Konsultasi Profesional

Ketika stres yang anda alami sudah sangat mengganggu hidup anda yaitu menggangu kehidupan pribadi maupun sosial anda cobalah untuk mendatangi pihak professional seperti dokter atau psikolog. Cobalah untuk tidak menumpuk permasalahan yang ada. Untuk hidup bahagia dengan stres adalah dengan mengontrol stres itu sendiri.