Teman Nyata Vs Teman Online ; Mana Yang Lebih Baik ?

Posted on Updated on

( Oleh : Dwita Priyanti, M.Psi )

Menjalin pertemanan sudah mulai dilakukan manusia bahkan semenjak bayi. Sebagai makhuk sosial memiliki teman adalah bagian dari kebutuhan manusia. Apakah arti teman? Tempat berbagi? Yang menemani anda membeli sesuatu? Yang mengucapkan selamat ulang tahun kepada anda? Atau sekadar menghabiskan waktu dengan anda untuk jalan-jalan di mall?. Lalu bagaimana dengan pertemanan online? Dari teman chatting bahkan sampai menjalin hubungan special? Apakah hal seperti ini bisa disebut dengan pertemanan sejati? Apa perbedaan antara “teman nyata” dengan “teman online”?

Selalu Ada Untuk Anda

Teman Online : teman online adalah teman yang anda tidak terlalu kenal dan anda peroleh dari berbagai media sosial seperti : facebook, twitter, instagram, dll. Teman Online selalu ada ketika ada tanda hijau di kolom chatting yang menyatakan dia available dan anda tinggal menyapanya. Teman online bisa menemani anda kapanpun saat anda melakukan kegiatan apapun.

Teman Nyata : teman nyata ada untuk anda ketika ia mempunyai waktu untuk menemani anda, atau ketika ia tidak memiliki kesibukan lain. Anda dapat mengajak teman nyata anda untuk makan siang bersama atau sekedar jalan sore.

Masalah Kehidupan

Teman online : teman online bisa jadi mengetahui seluruh drama dalam hubungan anda. Ia bahkan mengetahui pertanyaan-pertanyaan kecil dan tidak penting yang selalu anda pertanya di sela-sela percakapan anda. Anda juga merasa nyaman untuk membicarakan semua hal karena anda menggunakan nama samaran dan tidak mengetahui detail identitas anda. Anda merasa lebih aman karena teman online tidak memberikan judgement langsung seperti halnya teman di dunia nyata.

Teman nyata : teman nyata anda sangat mengetahui diri anda dan mereka tidak takut untuk menyatakan keburukan anda. Teman online juga bisa memberikan pendapat tetapi ia tidak begitu mengenal anda seperti teman nyata yang dapat memberikan saran sesuai yang anda butuhkan. Menerima masukan dan kritikan kadang memang sulit tetapi hal ini mungkin lebih berguna untuk membangun anda ketimbang teman yang selalu setuju dengan anda meskipun hal tersebut membawa dampak buruk kepada anda kedepannya.

Aktifitas

Teman online : bisa menemani anda kapanpun selagi jaringan komunikasi berfungsi normal dan anda dapat melakukan permainan online bersama dengan mereka.

Teman nyata : tidak selalu bisa menemani anda kapanpun, tapi anda bisa menghabiskan waktu dengan aktifitas nyata seperti nonton film, pergi ke restoran favorit anda atau berolahraga bersama.

Dari beberapa penjabaran diatas, tidak adil rasanya ketika kita katakan bahwa teman nyata lebih baik dari teman online ataupun sebaliknya teman online lebih baik dari teman nyata. Masing-masing jenis pertemanan mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Masing-masingnya dapat melengkapi kebutuhan anda. Untuk memperindah hidup anda mungkin anda bisa memiliki kedua-duanya baik teman nyata maupun teman online.