Gelang Loom Band di Mata Psikolog: Melatih Anak Lebih Tekun dan Kreatif

Posted on

Loom band menjadi hot item terbaru di toko-toko mainan anak terkemuka. Bahkan salah seorang penjual mengatakan bahwa stok barang loom band selalu habis dan harus diisi ulang setiap minggunya.

Lalu sebenarnya apa sih yang membuat loom band begitu digemari anak-anak? Psikolog dari Klinik Tumbuh Kembang Kancil, Ratih Zulhaqqi, MPsi mengatakan bahwa sejatinya loom band bukanlah mainan, melainkan variasi lain dari aksesoris

“Cuma kan banyak dijual alat untuk merajutnya. Sehingga anak akhirnya banyak yang suka karena kan akhirnya gelangnya bikin sendiri, nentuin sendiri bentuknya, mau pakai warna apa. Sehingga banyak yang menggemari,” tutur Ratih ketika dihubungi detikHealth, Senin (1/9/2014).

Nah, menurut Ratih, selain menjadi aksesori yang lucu dan warna-warni, loom band juga mempunyai manfaat lain lho. Apa saja?

1. Membangun Kreativitas

Loom band membuat anak dapat mengeksplorasi sendiri bentuk dan warna gelang yang diinginkannya. Dikatakan Ratih, manfaat utama yang didapat anak ketika bermain loom band tentunya adalah meningkatkan kreatifitas.

“Ya tentu manfaat utamanya adalah membangun kreativitas ya. Kan anak jadi lebih kreatif, mau gelangnya model apa, kombinasi warnanya yang bagus apa,” ujarnya.

2. Melatih Kemampuan Entrepreneur

Selain membangun kreatifitas, manfaat lain yang didapat anak dari merajut loom band adalah melatih kemampuan entrepreneur mereka. Dikatakan Ratih, beberapa anak membuat gelang dari loom band untuk akhirnya dijual kepada teman-teman mereka.

“Kalau menurut saya melatih entrepreneur itu baik ya. Kan bisa nanti temannya ada yang pesan, bikinin model ini dong, atau pakai warna ini dong, tapi mereka bayar,” sambungnya lagi.

3. Membangun Percaya Diri

Dengan membuat loom band, anak juga bisa dilatih untuk percaya diri. Dikutip dari Melbourne Child Psychology, membuat loom band membutuhkan upaya dan waktu yang tidak sedikit. Sehingga ada baiknya orang tua memuji anak jika berhasil menyelesaikan loom band menjadi bentuk apapun.

Dengan dipuji, anak akan tahu bahwa dirinya berharga dan mendapat perhatian dari orang tua. Oleh karena itu, anak akan menjadi lebih percaya diri dan tak akan mudah merasa terintimidasi atau minder.

4. Melatih Ketekunan dan Konsentrasi

Anak-anak di bawah 12 tahun masih sering kali mengalami kesulitan untuk fokus dan berkonsentrasi. Nah, mengajarkan bermain loom band pada anak ternyata dapat menjadi salah satu alternatif cara melatih konsentrasi.

Seperti diketahui, membuat gelang dari loom band membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu dibutuhkan konsentrasi dan ketekunan yang tepat untuk mengikuti instruksi agar dapat membuat gelang berwarna-warni yang lucu.

5. Membangun Kemampuan Sosial

Namanya anak-anak, bermain apapun pasti tidak akan pernah lepas dari teman-temannya. Loom band meskipun dapat dikerjakan sendir, ternyata juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan kemampuan anak bersosialisasi kepada teman sebaya.

Anak dapat bertukar informasi soal merajut loom band. Mulai dari warna yang cocok, teknik merajut, hingga bentuk-bentuk lainnya selain gelang.

Sumber:detikhealth